Nasihat KH Arwani Amin Rahimahullah yang Menyejukan Hati Para Penghafal Al Qur'an

kh arwani amin


Ngaji Yuk - KH. Arwani Amin adalah sosok ulama penghafal Al Qur'an yang begitu masyhur di Indonesia, beliau adalah sosok penghafal yang wara' dan menjaga diri.
Banyak Santri-santri (yang kini telah menjadi kyai besar di berbagai daerah) pernah belajar Al Qur'an kepadanya.
Didalam beberapa kesempatan waktu mengajar, KH Arwani Amin Kudus Rahimahullah sering memberikan wejangan kepada santri-santrinya. Berikut ini beberapa pesan KH. Arwani Amin yang selalu di ingat oleh para santrinya:

Dalam Bahasa Jawa
Kuncine Ngaji Al Qur'an iku ono telu (Kuncinya mengaji itu ada tiga):
1. Ojo nyawang sopo gurune (Jangan melihat siapa gurunya)
2. Ora usah isin karo umur (Jangan malu karena umur)
3. Suwe waktune (lama waktu tempuhnya)
---------------------------------------------
"Ora gelem ngaji Al Qur'an mergo pangkat/kedudukan gurune luwih rendah? Gusti Kanjeng Nabi Muhammad Saw iku muride malaikat Jibril As ing babakan Wacan Al Qur'an. Beliau ora isin ngaji Al Qur'an (musyafahah) marang Malaikat Jibril senajan secara pangkat derajat/ kedudukan malaikat Jibril as iku luwih rendah."
Artinya:
Tidak boleh ada lagi alasan tidak mau mengaji al Qur'an karena kedudukan guru lebih rendah. Nabi Muhammad saw saja tidak malu mengaji alquran kepada malaikat jibril walaupun derajat Rasululloh jauh diatas malaikat Jibril.
"Males ngaji Al Qur'an mergo umur wis Tua? Gusti kanjeng Nabi Muhammad Saw iku mulai ngaji Al Qur'an marang malaikat Jibril as umur 40 tahun."
Artinya:
Tidak boleh ada lagi alasan tidak mau mengaji Al Qur'an karena umur sudah tua.  Nabi Muhammad saja mulai belajar al Qur'an kepada malaikatJibril pada umur 40 tahun.
"Isin ngaji Al Qur'an mergo suwe waktune? Kanjeng Nabi Saw ora pernah ngrasa isin (minder) ngaji Al Qur'an marang malaikat Jibril as awit beliau Saw umur 40 tahun tekane 63 tahun (wafat)."
Artinya:
Tidak boleh ada lagi alasan tidak mau mengaji al Qur'an karena waktunya lama.  Nabi Muhammad saja menerima wahyu al Qur'an 23 tahun lamanya.

Demikianlah beberapa nasihat yang disampaikan oleh Kh. Arwani Amin, Semoga nasihat ini menjadi penyemangat bagi kita untuk terus menghafal Al Qur'an.Tidak pantang menyerah. Amiin

Post a Comment

0 Comments