Cara Submit Sitemap Blog Ke Search Console

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman saya kepada kamu tentang web build blogger, dan kali ini dikhususkan akan membahas cara submit sitemap blog kamu ke google webmaster, atau biasa kita sebut dengan search console.

#Apa Itu Search Console?


Bagi kamu yang belum tahu mengenai search console, sedikit saya akan membahas apa itu Search Console dan apa fungsinya.
Search Console atau Google Webmaster adalah sebuah tools yang disedikan oleh google bagi para pengembang situs, atau developer web. di sini kita dapat mengontrol serta memantau aktifitas dari google dalam merayapi situs kita agar terindex pada mesin pencari. dimulai dari Submit link, memantau traffic organik dari pencarian google, memantau jumlah backlink dan anchortextnya, submit peta situs dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan di Search console yang intinya saat kamu sedang membuild web atau blog, sudah saatnya kamu mengetahui dan mempelajari Google Webmaster ini.
Seperti yang saya sematkan pada judul artikel ini, saya hanya akan membahas tentang bagaimana cara submit sitemap blog ke search console. Karena hal ini lah yang pertama kali harus kamu lakukan saat pertamakali membuild web atau blog.

#Apa Tujuan Menggunakan Search Console?

Tujuan yang paling penting adalah agar setiap artikel kamu dapat dengan mudah di index oleh google, selain itu kamu dapat mengontrol kesehatan situs kamu agar tidak deindex atau terlempar jauh dari mesin pencari, sehingga mengakibatkan traffic pengunjung kamu sedikit. Selain itu masih banyak lagi tujuan-tujuan penting lainnya.

#Bagaimana Cara Submit Sitemap ke Search Console?

Perlu saya ingatkan sebelumnya, jika kamu mencari artikel tentang cara submit sitemap dan disuguhkan dengan artikel yang mengharuskan kita mensubmit semua sitemap dari mulai atom.xml, update.xml, pokoknya segala macem xml. Saya ingatkan Jangan Diturutin...!!
Bikin ribet dan menghabiskan waktu kamu,.
Saya sering membaca artikel tentang webmaster, kita diharuskan submit sana sini, ping sana sini, indexed sana sini, saya katakan KEEP CALM, santai aja mas, seiring berjalannya waktu dan seringnya kita membuat artikel berkualitas tanpa copas, google tau sendiri kok apa yang harus dilakukan. Ya bolehlah kalau sesekali. seminggu atau dua minggu sekali.
Ehh kembali lagi ke pembahasan, Jadi pada intinya saat kamu telah membuat sebuah blog, hal pertama yang harus dilakukan adalah mensubmit peta situs kamu ke google, agar semua artikel yang ada di blog kamu terindex google. Caranya? Ikuti langkah berikut ini :

1. masuk ke situs Search Console disini atau https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=en
2. Jika kamu belum login akun google, maka login terlebih dahulu. dan selanjutnya kamu akan dihadapkan pada Dasboard Search Console, Pada pojok kanan atas ada menu Add Property lalu klik.


3. Lalu tambahkan alamat blog kamu. contoh : http;//santrikecil.blogspot.com/ lalu Add


4. Setelah berhasil, maka kini blog kamu sudah terdaftar di google webmaster. langkah selanjutnya klik blog kamu. maka nanti akan dihadapkan pada menu menu yang disediakan search console, diantaranya search traffic, google index, crawl, security issue. Lalu kamu Pilih menu Crawl Sitemap.


5. Lihat ke pojok kanan atas ada menu Add/Test Sitemap Klik dan masukan sitemap blog kamu yaitu sitemap.xml


6. Perlu diingat saat memasukan sitemap.xml , alamat blog kamu tidak ikut serta dimasukan. jadi seperti ini, jika alamat blog kamu http://alasantrikecil.blogspot.com/ maka yang harus dimasukan hanya sitemap.xml saja. agar tidak terjadi error nantinya.

Nah itulah cara mudah submit sitemap blog kamu ke search console. Saya sarankan untuk blogger pemula melakukan ini, supaya nanti setiap artikel kamu nangkring di pencarian google dan setiap keyword artikel dapat bersaing di SERP, barulah setelah itu kita lakukan langkah optimasi SEO lainnya.
Oya agar blog kamu lebih SEO, dan selalu nangkring di pageone google, saya sarankan menggunakan template responsive yang di buat oleh para blogger mastah. contohnya Template Minima Responsive Blogger ini yang sedikit saya edit agar lebih fast loading.
Happy blogging :)

Post a Comment

2 Comments

  1. emang bedanya pasang sitemap sama tidak, apa ya, saya pasang 3 sitemap secara langsung, tapi ada beberapa artikel yang susah di index ke google

    ReplyDelete
  2. Tergantung kuantitas SEO konten mas, klo pengalaman yang saya alami sih dominan di template. coba template premium dgn catatan konten unik dan bukan hasil copas :)

    ReplyDelete

#Berkomentarlah dengan Sopan
#Bila link download error, jangan Sungkan Berkomentar